Sejarah Perkembangan Film Indonesia
Industri Film Indonesia
Dari:
Bagaimana dengan industri film Indonesia? Topik lama ini sudah dua dekade lamanya menjadi bahan perbincangan kalangan film Indonesia. Film-film Indonesia selama dua dekade ini (1980-an dan 1990-an) terpuruk sangat dalam. Insan film Indonesia seperti tak bisa berkutik menghadapi arus film impor. Masalah yang dihadapi harus diakui sangatlah kompleks. Mulai dari persoalan dana, SDM, hingga kebijakan pemerintah. Persoalan ini dari tahun ke tahun semakin melebarkan jarak antara film, bioskop dan penonton, tiga komponen yang seharusnya memiliki pemahaman yang sama terhadap sebuah industri film.
Di awal millenium baru ini tampaknya mulai ada gairah baru dalam industri film Indonesia. Karya-karya sineas seperti Garin Nugroho, Riri Reza, Rizal Mantovani, Jose Purnomo dan beberapa sineas lainnya seperti memberikan semangat baru pada industri film Indonesia. Kenyataan ini cukup memberi harapan, karena selain terjadi disaat bersamaan dengan bangkitnya film-film dari dunia ketiga, tak terasa bahwa industri perfilman sesungguhnya sudah seratus tahun dikenal di Indonesia.
Di Indonesia, film pertamakali diperkenalkan pada 5 Desember 1900 di Batavia (Jakarta). Pada masa itu film disebut “Gambar Idoep”. Pertunjukkan film pertama digelar di Tanah Abang. Film adalah sebuah film dokumenter yang menggambarkan perjalanan Ratu dan Raja Belanda di Den Haag. Pertunjukan pertama ini kurang sukses karena harga karcisnya dianggap terlalu mahal. Sehingga pada 1 Januari 1901, harga karcis dikurangi hingga 75% untuk merangsang minat penonton.
Film cerita pertama kali dikenal di Indonesia pada tahun 1905 yang diimpor dari Amerika. Film-film impor ini berubah judul ke dalam bahasa Melayu. Film cerita impor ini cukup laku di Indonesia. Jumlah penonton dan bioskop pun meningkat. Daya tarik tontonan baru ini ternyata mengagumkan. Film lokal pertama kali diproduksi pada tahun 1926. Sebuah film cerita yang masih bisu. Agak terlambat memang. Karena pada tahun tersebut, di belahan dunia yang lain, film-film bersuara sudah mulai diproduksi.
Film cerita lokal pertama yang berjudul Loetoeng Kasaroeng ini diproduksi oleh NV Java Film Company. Film lokal berikutnya adalah Eulis Atjih yang diproduksi oleh perusahaan yang sama. Setelah film kedua ini diproduksi, kemudian muncul perusahaan-perusahaan film lainnya seperti Halimun Film Bandung yang membuat Lily van Java dan Central Java Film Coy (Semarang) yang memproduksi Setangan Berlumur Darah.
Industri film lokal sendiri baru bisa membuat film bersuara pada tahun 1931. Film ini diproduksi oleh Tans Film Company bekerjasama dengan Kruegers Film Bedrif di Bandung dengan judul Atma de Vischer. Selama kurun waktu itu (1926-1931) sebanyak 21 judul film (bisu dan bersuara) diproduksi. Jumlah bioskop meningkat dengan pesat. Filmrueve (majalah film pada masa itu) pada tahun 1936 mencatat adanya 227 bioskop.
Untuk lebih mempopulerkan film Indonesia, Djamaludin Malik mendorong adanya Festival Film Indonesia (FFI) I pada tanggal 30 Maret-5 April 1955, setelah sebelumnya pada 30 Agustus 1954 terbentuk PPFI (Persatuan Perusahaan Film Indonesia). Film Jam Malam karya Usmar Ismail tampil sebagai film terbaik dalam festival ini. Film ini sekaligus terpilih mewakili Indonesia dalam Festival Film Asia II di Singapura. Film ini dianggap karya terbaik Usmar Ismail. Sebuah film yang menyampaikan kritik sosial yang sangat tajam mengenai para bekas pejuang setelah kemerdekaan.
Di tahun ‘80-an, produksi film lokal meningkat. Dari 604 di tahun ‘70-an
menjadi 721 judul film. Jumlah aktor dan aktris pun meningkat pesat.
Begitu pula penonton yang mendatangi bioskop. Tema-tema komedi, seks,
seks horor dan musik mendominasi produksi film di tahun-tahun tsb.
Sejumlah film dan bintang film mencatat sukses besar dalam meraih
penonton. Warkop dan H. Rhoma Irama adalah dua nama yang selalu ditunggu
oleh penonton. Film Catatan Si Boy dan Lupus bahkan dibuat beberapa
kali karena sukses meraih untung dari jumlah penonton yang mencapai
rekor tersendiri. Tapi yang paling monumental dalam hal jumlah penonton
adalah film Pengkhianatan G-30S/PKI yang penontonnya (meskipun ada
campur tangan pemerintah Orde Baru) sebanyak 699.282, masih sangat sulit
untuk di tandingi oleh film-film lokal lainnya.
Kalau di awal munculnya bioskop, satu bioskop memiliki beberapa kelas
penonton, tahun ‘80-an ini bioskopnya yang menjadi berkelas-kelas.
Cinemascope kemudian lebih dikenal sebagai bioskop 21. Dengan kehadiran
bisokop 21, film-film lokal mulai tergeser peredarannya di
bioskop-bioskop kecil dan bioskop-bioskop pinggiran. Apalagi dengan tema
film yang cenderung monoton dan cenderung dibuat hanya untuk mengejar
keuntungan saja, tanpa mempertimbangkan mutu film tersebut.
Hal lain yang juga tak bisa dipungkiri turut berperan dalam terpuruknya
film nasional ini adalah impor dan distribusi film yang diserahkan
kepada pihak swasta. Bioskop 21 bahkan hanya memutar film-film produksi
Hollywood saja, tidak mau memutar film-film lokal. Akibatnya, di akhir
tahun ‘80-an, kondisi film nasional semakin parah dengan hadirnya
stasiun-stasiun televisi swasta yang menghadirkan film-film impor dan
sinema elektronik serta telenovela.
Meski dalam kondisi “sekarat”, beberapa karya seperti Cinta dalam
Sepotong Roti, Daun di atas Bantal karya Garin Nugroho mampu memenangkan
berbagai penghargaan di festival film internasional. Pertengahan
‘90-an, film-film nasional yang tengah menghadapi krisis ekonomi harus
bersaing keras dengan maraknya sinetron di televisi-televisi swasta.
Praktis semua aktor dan aktris panggung dan layar lebar beralih ke layar
kaca. Apalagi dengan kehadiran Laser Disc, VCD dan DVD yang makin
memudahkan masyarakat untuk menikmati film impor.
Namun di sisi lain, kehadiran kamera-kamera digital berdampak positif
juga dalam dunia film Indonesia. Mulailah terbangun komunitas film-film
independen. Film-film yang dibuat di luar aturan baku yang ada.
Film-film mulai diproduksi dengan spirit militan. Meskipun banyak fillm
yang kelihatan amatir namun terdapat juga film-film dengan kualitas
sinematografi yang baik. Sayangnya film-film independen ini masih belum
memiliki jaringan peredaran yang baik. Sehingga film-film ini hanya bisa
dilihat secara terbatas dan di ajang festival saja.
Kini, film Indonesia telah mulai berderak kembali. Beberapa film bahkan
booming dengan jumlah penonton yang sangat banyak. Sebut saja, Ada apa
dengan Cinta, yang membangkitkan kembali industri film Indonesia.
Beberapa film lain yang laris manis dan menggiring penonton ke bioskop
seperti Petualangan Sherina, Jelangkung, Ayat-Ayat Cinta, Ketika Cinta
Bertasbih, Laskar Pelangi maupun Naga Bonar Jadi 2. Genre film juga kian
variatif, meski tema-tema yang diusung terkadang latah, jika sedang
ramai horor, banyak yang mengambil tema horor, begitu juga dengan
tema-tema remaja/anak sekolah.
Dengan variasi yang diusung, itu memberikan kesempatan media film menjadi sarana pembelajaran dan motivator bagi masyarakat. Seperti film King, Garuda di Dadaku, serta Laskar Pelangi. Bahkan, Indonesia sudah memulai masuk ke industri animasi. Meski bukan pertama, dulu pernah ada animasi Huma, kini hadir film animasi Meraih Mimpi, yang direncanakan akan go international.
Komentar
Posting Komentar